.

FAKTOR-FAKTOR KOMODO RAWAN PUNAH



           
  
  Komodo merupakan spesies kadal terbesar di dunia. Komodo hidup liar di Pulau Komodo, Rinca, dan pulau-pulau lain di sekitarnya. Penduduk setempat biasa memanggil komodo dengan sebutan Ora.

Komodo merupakan salah satu hewan langkah yang rawan punah di Indonesia. Komodo adalah hewan endemik Nusa Tenggara Timur. Keberadaan komodo sekarang dimasukkan oleh IUCN ke dalam kategori rawan punah. Keberadaan komodo di alam liar terancam oleh kegiatan manusia seperti alih fungsi lahan, perburuan liar, pembakaran hutan, dan lain-lain. Komodo menjadi salah satu satwa yang dilindungi oleh pemerintah Indonesia dan sebagai tempat perlindungannya didirikan Taman Nasional Komodo di Pulau Komodo. Dan dikenakannya hukuman berat terhadap pelaku perdagangan organ organ komodo.
       Beberapa factor yang menyebabkan komodo rawan punah antaran lain:
1.  Perburuan Liar
Perburuan liar komodo sering dilakukan di alam liar. Hal ini secara langsung mempengaruhi populasi komodo di alam liar. Perburuan tersebut biasanya bertujuan untuk mendapatkan organ organ komodo yang dijual mahal di pasar gelap.
2.  Kebakaran
Kasus kebakaran yang pernah memunahkan populasi komodo pernah terjadi di pulau Padar. Tidakditemukan lagi populasi dan kotoran-kotoran komodo di pulau tersebut.
3.  Kegiatan vulkanis
Pulau-pulau habitat komodo sebenarnya adalah sebuah pulau vulkanis. Dimana aktivitas vulkanis sering terjadi di pulau tersebut. Aktivitas tersebut sewaktu waktu dapat mengancam keberadaan populasi komodo di pulau tersebut.
4.  Berkembangnya tempat wisata
Ketenaran pulau Komodo di mata dunia menarik perhatian turis domestic dan asing untuk berkunjung ke tempat tersebut. OLeh karena itu, dibangun tempat-tempat wisata di pulau Komodo. Hal ini menyebabkan luas habitat komodo semakin berkurang dan mengancam populasi spesies tersebut.
5.  Rusaknya habitat
Rusaknya habitat menjadi masalah utama dalam usaha pelestarian spesies komodo. Rusaknya habitat sebagian besar disebabkan oleh kegiatan manusia dan bencana alam. Dengan habitat yang semakin sempit, ruang untuk berkembang, dan bereproduksi menjadi semakin berkurang, akibatnya populasi komodo terancam.
6.  Berkurangnya makanan
Berkurangnya makanan berupa kijang, ular, tikus, dan mamalia kecil lainnya merupakan salah satu factor penurunan populasi spesies komodo.
7.  Gempa bumi
Karena pulau Komodo merupakan pulau vulkanis, maka gempa bumi merupakan salah satu bencana yang sewaktu-waktu bias terjadi. Gempa bumi sangat mengancam kelestarian spesies komodo.

       Semakin berkurangnya populasi komodo mendorong pemerintah untuk ikut serta dalam upaya perlindungan komodo, antara lain dengan membangun taman nasional pulau Komodo, melarang pemburuan dan perdagangan organ komodo, Dan menghukukm pelaku pemburuan hewan langkah tersebut. Kita sebagai generasi penerus bangsa sebisa mungkin harus melestarikan kekayaan negeri kita ini. Salah satunya dengan cara menjaga kelestarian komodo. Antara lain dengan cara tidak memburu komodo, tidak merusak habitat komodo, dan upaya-upaya lain.
Share this article :
 
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Master Of Everything - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger