Apa yang dimaksud Ninjutsu, Genjutsu dan Taijutsu ?

Apa yang dimaksud Ninjutsu, Genjutsu dan Taijutsu?


Saya sebenarnya adalah salah satu penggemar film kartun NARUTO yang mungkin saat ini paling terkenal, khususnya di indonesia.
Pasti bagi para pencinta film ini pernah mendengar istilah NINJUTSU, GENJUTSU, dan TAIJUTSU.
Nah, saya akan mencoba menjelaskannya satu persatu, jika ada masukan yang lain boleh tinggalkan komentar anda di postingan ini.
OK langsung saja kita mulai.

NINJUTSU

Ninjutsu kadang-kadang dapat diganti dengan kata menjadi ninpō. Ninjutsu adalah Seni bela diri, strategi, dan taktik di medan perang dan gerilya yang dilakukan oleh shinobi (juga disebut diluat Jepang sebagai Ninja). Ninja Wanita disebut Kunoichi. Saat ini ada beberapa gaya modern dari seni bela diri ini, menurut Koryu.com, tidak semua variasi tersebut berhubungan dengan sejarah ninjutsu di Jepang yang dulu disebut dengan koryū.

Etimologi

Huruf Utama nin terdiri dari dua karakter. Karakter atas yaiba berarti "ujung pedang", dan karakter bawahnya kokoro mempunyai arti "jiwa" atau "hati". Kanji 刀 berarti "pedang" atau "blade", Kanji 刃 mempunyai arti "ujung pedang." Jika kedua kanji digabungkan mempunyai arti "menyusup", "kerahasiaan", "ketahanan", and "ketekunan". Jutsu mempunyai arti "seni" atau "teknik". berarti "pengetahuan", "prinsip" ketika digabungkan dengan imbuhan "nin" mempunyai arti seni ninja, lebih tinggi dari ninjutsu. Pandangan saat ini adalah ninjutsu hanyalah mengenai kerahasiaan dan menyusup. Tetapi, para praktisi dari bidang ninjutsu berkata bahwa ninjutsu diperlukan agar kita memperoleh ketahanan untuk menghadapi hidup yang keras.

18 ilmu Ninjutsu

Ada 18 ilmu dan seni berperang ninjutsu dari banyak keahlian yang dimiliki oleh ninja yang dapat dipelajari oleh umum pada saat ini. Selebihnya di luar keterampilan fisik dan penguasaan jiwa, para pendekar ini harus mempelajari latihan batin. Setelah menguasai level ini, ninja bisa sangat ahli dan bahkn dianggap sebagai orang bijak atu dukun, karena kemampuannya menyatu dengan alam dan siklus di sekitarnya. Delapan belas keahlian tersebut adalah:
  1. seishin teki kyoyo (pemurnian jiwa)
    ninja aliran togakure sangat mengandalkan pengenalan jati diri. Seorang ninja harus mengetahui dengan tepat komitmen dan motivasi hidupnya. Dengan pemahaman dan penghayatan terhadap proses pematangan seorang ninja bisa menjadi seorang pendekar yang bijak. Keterlibatan ninja dalam pertarungan dimotivasi oleh alasan untuk melindungi. Tidak dibenarkan jika alasannya semata-mata hanya karena uang.
  2. tai jutsu (bertarung dengan tangan kosong)
    paduan dari ilmu daken taijutsu(pukul, tendng, tangkis), ju taijutsu(gumul, mencekik, meloloskan dari kuncian), taihen jutsu(gerak tanpa suara, berguling, melompat, cara jatuh). Keterampilan ini di perlukan pada situasi terancam atau bertahan
  3. ninja ken (pedang ninja)
    pedang ninja adalah pedang pedek lurus bermata tunggal. Pedang adalah senjata utama ninja. Untuk menggunakan pedang dituntut dua keahlian utama yaitu ilmu menarik pedang (dg kecepatan namun halus gerakannya ) sekaligus mengayun untuk memotong.
  4. bo jutsu (jurus tongkat dan bilah)
    ada 2 jenis tongkat, tongkat panjang sekitar 2 meter(bo) dan tongkat pendek sekitar satu meter(hanbo). Ada lagi senjata dari bilah bambu yang bila di buka di dalamnya ada mata pedang yang sekilas tampak seperti tongkat biasa.
  5. shuriken jutsu (senjata lempar)
    ilmu lempar berupa lempeng baja dengan mata tajam bersisi empat seperti bintang(senban shuriken) atau paku lempar(bo shuriken). Senban shuriken dilempar dengan cara dipuntir agar bisa menancap dan memberi efek gergaji. Bo shuriken dilempar bersamaan beberapa buah sehingga terlihat seperti kilatan jarum.
  6. yari jutsu(jurus tombak)
    tombak digunakan untuk pertarungan jarak sedang untuk menangkis dan meredam serangan lawan.
  7. naginata jutsu(jurus pedang bertongkat)
    pedang pendek yang gagangnya dibuat panjang seukuran tombak. Digunakan ninja untuk memotong lawan yang berada dalam jarak sedang. Bisa digunakan untuk menyerang samurai dan merobohkan tentara berkuda.
  8. kusari gama (jurus rantai dan bandul)
    berupa rantai sepanjang 2-3 meter yang diberi bandul pada salah satu ujungnya. Pada ujung yang lain dikaitkan pada gagang arit tradisional jepang. Rantai digunakan untuk menangkis serangan senjata lawan.sedangkan bilah arit digunakan untuk menghabisi lawan yang sudah terjerat. Senjata rantai dan bandul yang disukai oleh para ninja aliran togakure adalah kyoketsu yaitu belati lengkung yang gagangnya dipasangi tali halus dari rambut kuda dan ujung tali satu lagi diberi cincin baja besar.
  9. henso jutsu (ilmu menyamar dan membaur)
    ilmu ini sangat diperlukan pada saat spionase. Ninja membuat identitas palsu dan mengalihkan perhatian orang. Ninja juga bergerak tanpa bisa di lacak.
  10. shinobi iri (ilmu mengintai dan menyusup)
    ilmu ini mengajarkan bergerak tanpa suara dan bersembunyi di bawah bayangan.
  11. ba jutsu
    seorang ninja harus bisa bertempur di atas kuda selain menunggang kuda dengan baik di segala medan.
  12. sui ren (ilmu tempur dalam air)
    meliputi teknik mengintai dengan cara berenang, bergerak tanpa suara dalam air, cara menggunakan perahu khusus untuk mengapung dalam air, dan teknik perkelahian dalam air.
  13. bo ryaku (ilmu strategi)
    ilmu taktik yang tak lazim digunakan dalam kondisi bertahan atau pertarungan terbuka. Ninja sering memanfaatkan kondisi sekitarnya untuk melaksanakan tugasnya, tanpa banyak mengeluarkan energi.
  14. cho ho (ilmu spionase)
    ilmu mata-mata termasuk merekrut dan memakai orang yang digunakan sebagai mata-mata.
  15. inton jutsu (teknik meloloskan diri dan menghilang)
    ninja pandai meloloskan diri dengan memanfaatkan keadaan alam yang ada.
  16. ten mon (meteorologi)
    memanfaatkan cuaca juga merupakan senjata utama ninja. Sejak kecil mereka dilatih mengendalikan cuaca dari tanda-tanda alam yang kecil.
  17. chi mon (geografi)
    teknik pemanfaatan lahan.

GENJUTSU

Genjutsu (幻术; Secara harfiah berarti "Teknik ilusi") adalah teknik yang digunakan dalam cara yang sama seperti ninjutsu, membutuhkan chakra dan segel tangan. Namun, perbedaan utama antara keduanya adalah bahwa efek genjutsu adalah ilusi, bukannya menyerang tubuh korban, seperti taijutsu atau ninjutsu, genjutsu teknik memanipulasi aliran chakra di otak korban, sehingga menyebabkan gangguan pada indra mereka. Genjutsu berada di bawah kategori luas Rilis Yin.Hal ini sering digunakan untuk membuat gambar palsu atau menyebabkan rasa sakit dari trauma (karena tubuh dipimpin untuk percaya itu sakit), namun, ada banyak kegunaan lain tergantung pada situasi. Mereka tidak digunakan sesering ninjutsu karena mereka tidak membahayakan secara fisik lawan, tapi beberapa karakter di cerita Naruto telah membuat diri mereka terkenal karena kehebatan mereka yang besar dengan genjutsu seperti Itachi Uchiha, Kurenai Yuhi, dan Tayuya. Genjutsu juga dapat digunakan untuk memanipulasi orang lain, mirip dengan cuci otak dengan memberi makan saran korban ilusif, contoh utama adalah Tobi mengendalikan Yagura. Namun, ada setidaknya satu genjutsu, Izanagi, yang memiliki efek berlawanan dengan genjutsu normal, dengan mengubah realitas untuk ilusi dan sebaliknya.Genjutsu dibuat ketika seorang ninja memperluas aliran chakra mereka melalui sistem saraf otak lawan mereka untuk mengontrol chakra pikiran mereka, sehingga mempengaruhi indera lima mereka. Mereka yang memiliki kemampuan khusus seperti klan Uchiha Sharingan atau dengan kecerdasan tinggi memiliki waktu lebih mudah melaksanakan dan menangkal genjutsu, sebagai perhatian terhadap detail adalah kuncinya. Mereka yang di bawah pengaruh genjutsu baik akan tampak tidak sadar atau terus bergerak di sekitar dengan alasan dari genjutsu. Terakhir ini sangat efektif dalam pertempuran sebagai pengguna genjutsu dapat membuat diri mereka tampak berada di tempat lain dan menyerang korban dari belakang atau mengubah lingkungan untuk membuat korban melihat sebuah dataran datar di mana ada tebing curam.Genjutsu menyerang biasanya membutuhkan banyak keterampilan, dan, jika dilakukan secara tidak benar, tidak akan bekerja.

 TAIJUTSU

Taijutsu (体 术, secara harfiah "Teknik tubuh" atau "keterampilan tubuh") Adalah istilah dari Jepang untuk keahlian tempur, teknik atau sistem seni bela diri menggunakan gerakan tubuh yang dijelaskan sebagai keterampilan tempur tangan kosong  atau sistem. Istilah ini sering digunakan ketika mengacu pada seni bela diri tradisional Jepang tetapi juga telah digunakan dalam penamaan seni bela diri modern seperti Bujinkan Budo Taijutsu. Nama lebih spesifik daripada Taijutsu biasanya digunakan ketika menggambarkan seni bela diri, seperti Jujitsu (berfokus pada bergulat dan memukul), Judo (berfokus pada melempar dan bergulat), Aikido (berfokus pada melempar dan kunci bersama) dan Karate (berfokus pada mencolok) .

Dalam serial anime Jepang Naruto :

Taijutsu (体 术; Secara harfiah berarti "Teknik Tubuh") adalah bentuk dasar dari teknik dan mengacu pada teknik yang melibatkan seni bela diri atau optimalisasi kemampuan alami manusia. Taijutsu dijalankan dengan langsung mengakses energi pengguna fisik dan mental, bergantung pada stamina dan kekuatan yang diperoleh melalui pelatihan. Ini biasanya tidak memerlukan chakra, chakra meskipun dapat digunakan untuk meningkatkan teknik-tekniknya. Taijutsu umumnya tidak memerlukan segel tangan untuk melakukan, sesekali memanfaatkan sikap tertentu atau pose, dan jauh lebih cepat digunakan daripada ninjutsu atau genjutsu. Taijutsu hanya menempatkan: tangan ke tangan pertempuran.

Meskipun digunakan oleh hampir semua Ninja, beberapa karakter menggunakan taijutsu hampir secara eksklusif seperti Rock Lee dan gurunya Might Guy, ahli teknik taijutsu banyak. Contoh teknik taijutsu yang Masuk Dinamis dan Lesus Daun. Gentle Fist klan Hyuga, bagaimanapun, membuat ekstensif menggunakan chakra dan menuntut keahlian tinggi dalam kontrolnya. Teknik-teknik taijutsu adalah pilihan yang tepat bagi mereka yang ingin menghemat waktu dan chakra, atau bagi mereka yang bergantung pada atribut fisik mereka. Hal ini juga dapat digunakan secara unik bekerja sama dengan ninjutsu untuk menciptakan teknik nintaijutsu.
.


Sumber: http://sukmajoeyjordison.blogspot.com


Share this article :
 
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Master Of Everything - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger