.

Kecanduan Kopi, Sehatkah..??


 

Kali ini saya selaku admin MoE akan memosting artikel yang akan memberitau kepada anda semuah khususnya pecandu kopi."Bahwa kecanduan kopi tidak Sehat"

 Ngopi memang sudah menjadi bagian dari gaya hidup. Tapi, mengonsumsi kopi juga ada batasnya. Konsumsi kopi sebaiknya tidak lebih dari 2-3 gelas dalam sehari. itu pun tidak diminum dalam satu waktu, melainkan secara bertahap dalam sehari. Akan lebih baik lagi, jika dikombinasikan dengan minuman lain. Misalnya, dicampur dengan susu atau sirup karamel, atau mengganti minuman kopi dengan es buah dan air mineral.

Kopi mengandung antioksidan berupa poliphenol, yang mampu meredam reaksi oksidasi berlebih dalam tubuh. Hal ini sangat berguna, karena reaksi oksidasi berlebih dapat merusak sistem sel, yang akhirnya dapat menimbulkan penyakit degeneratif, seperti penyakit jantung dan kerusakan sistem saraf.

Dalam kopi juga terdapat kafein yang merupakan senyawa kimia alkaloid, sebesar 1-1,5 persen. Senyawa ini memiliki daya kerja sebagai Stimulan sistem saraf pusat, terutama pusat saraf yang lebih tinggi (otak) , sehingga menghasilkan peningkatan peningkatan aktifitas mental yang membuat tubuh tetap terjaga dan segar.

Kafein dalam kopi bersifat diurretik, yang menybabkan sering buang air kecil. Hal ini tentu bisa mencegah terjadinya penyakit batu ginjal, yang disebabkan menumpuknya kalsium oksalat atau zat kimia lain dan membentuknya kristal dalam urine. NAmun, untuk hal ini sebaiknya diimbangi dengan konsumsi vitamin B dan C, Kkarena vitamin tersebut ikut larut dan terbuang bersama urine.

Sayangnya, kebiasaan minum kopi acap kalimemunculkan efek negatif. Antara lain, insomnia,gelisah, merangsang otot untuk terus bekerja lebih keras karena aliran darah yang cepat lewat pembuluh darah arteri tadi. Di sini, kita melihat bagian lain dari kafein yang dapat mengambil alih fungsi adenosin, salah satu senyawa dalam sel saraf otak, yang membuat orang mudah tertidur.

Sesekali minumkopi tentu tidak mengapa. Tapi, jika sampai kecanduan, tentu saja akan merugikan tubuh, terutama jika tidak diimbangi dengan makan makanan yang sehat dan berolahraga. Ingatlah, rasa lelah adalah isyarat dari tubuh untuk istirahan, karena aktifitas tubuh yang sudah berlebihan
Share this article :
 
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Master Of Everything - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger